Ucapkan Selamat Bagi Umat Hindu, Bupati Limi Hadiri Perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan di Desa Mopugad

BOLMONG, Lintasindonesia.id – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir. Limi Mokodompit MM mengucapkan selamat bagi Umat Hindu saat menghadiri perayaan Hari Suci Galungan dan Kuningan di Desa Mopugad, Kecamatan Dumoga Utara. Kegiatan yang dipusatkan di Pure Puseh, Rabu (02/08/2023) sore, berlangsung khusyuk.

Kehadiran Penjabat Bupati patut diapresiasi karena menunjukkan dukungan dan penghormatan kepada masyarakat Hindu dalam perayaan Galungan dan menyambut kuningan yang sakral. Dengan tampilan penuh khidmat, masyarakat dari kedua desa tersebut mengenakan pakaian adat Hindu lengkap dengan pahar dan sesajen sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur. Mereka juga melaksanakan berbagai rangkaian ritual dan upacara sebagai bagian dari tradisi Galungan yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca Juga:  Pj Wali Kota kotamobagu Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2024

Penjabat Bupati menyampaikan rasa hormat dan mengapresiasi semangat masyarakat dalam melestarikan tradisi dan kepercayaan agama Hindu. “Perayaan Galungan ini tidak hanya menjadi momen suka cita, tetapi juga ajang untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di tengah-tengah masyarakat,” ujar Limi.

Dalam suasana yang penuh kebersamaan, masyarakat Hindu bersama-sama mengikuti prosesi upacara dan doa bersama, memperkuat ikatan batin dengan leluhur dan Sang Hyang Widhi. Semangat kebersamaan ini menunjukkan bahwa perayaan Galungan tidak sekadar merayakan kemenangan dharma melawan adharma, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kasih sayang, saling menghormati, dan kerukunan antar umat beragama.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bolmong Ir I Nyoman Sukra, perayaan Galungan di Desa Mopugat, diharapkan semangat kebersamaan dan kerukunan dapat terus tumbuh dan menjadi inspirasi bagi masyarakat di seluruh Bolmong. “Semoga tradisi dan nilai-nilai luhur Hindu tetap terjaga dan dihormati, serta perayaan Galungan selalu menjadi momentum berharga untuk menyatukan hati dan pikiran dalam cinta kasih dan kedamaian,” pungkasnya.

Baca Juga:  Menyoal Baliho Parpol di Boltim Marak Curi-Curi Kampanye, Begini Kata Ketua Bawaslu dan KPU

Diketahui, perayaan Galungan di Desa Mopugad dihadiri Ketua DPRD Welty Komaling SE MM, Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery SH MH, Dandim 1303 Bolmong Lekol Inf Topan Angker SSos, perwakilan kejaksaan negeri Kotamobagu, pimpinan perangkat kerja daerah serta ribuan umat Hindu.(adv)l

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *