Belajar Kelola Rumah Adat, Desa Winuri Minut Kunjungi ‘Komalig’ Kopandakan 1 di Kotamobagu

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU- Pemerintah Desa Kopandakan 1 (satu) kecamatan Kotamobagu Selatan, Jumat 28 Januari 2022, menerima kunjungan kerja (Kunker) dari pemerintah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Winuri kecamatan Likupang Timur kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Pejabat sementara (PJS) sangadi Kopandakan 1 Fahrin Ambaru menjelaskan, Jumat kemarin Desa Kopandakan 1 menerima kunjungan Pemerintah dan BPD Desa Winuri Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara.

“Dalam kunker tersebut, rombongan yang hadir sebanyak 22 orang dibawah pimpinan Hukum Tua (Kuntua) Desa Winuri, yang bertujuan melakukan studi komparasi pengelolaan rumah adat beserta pelestarian nilai-nilai tradisi dan budaya,” ujarnya, Sabtu (29/1/22).

Baca Juga:  Bupati Limi Menghadiri Perayaan Darma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1945 di Desa Kosio

Ambaru mengatakan, rombongan diterima secara adat dengan tarian kabela diiringi musik tradisional kulintang di Baloi Adat Komalig yang berlangsung kidmat dan penuh kekeluargaan.

“Dalam sambutan Kuntua Winuri Shinta D Kasso SE menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas penyambutan yg luar biasa dari pemerintah desa Kopandakan 1, kami terharu sekaligus bangga mendapat kehormatan disambut dengan adat mongondow,”ungkapnya.

Lanjutnya, terima kasih dan kami sangat bangga serta mendapat kehormatan atas kunjungan dari pemerintah desa Winuri tersebut.

Sementara itu, Ketua Baloi Adat Komalig Bripka Sumitro Tegela yang juga Bhabinkamtibmas menjelaskan, keberadaan rumah adat serta berbagai replika dan miniatur barang-barang yang berada didalam rumah adat Komalig.

Baca Juga:  Asripan Nani Bersama Forkopimda Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

“Terima kasih atas kunjungan dari pemerintah desa Winuri, dan Kegiatan berlangsung selama kurang lebih 1 jam serta diakhiri dengan sesi foto bersama di puade atau pelaminan pengantin yang berada didalam Baloi adat komalig desa Kopandakan 1,”pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *