Bupati Limi Dianugrahi Gelar Adat Bogani

BOLMONG, Lintasindonesia.id – Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM diberikan gelar adat Bogani. Gelar adat ini diberikan siang tadi di rumah dinas Bupati Desa Lalow Kecamatan Lolak, Senin 27/03/2023.

“Gelar adat ini telah melalui rapat bakid perwakilan seluruh tokoh- tokoh adat masyarakat tingkat desa dan Kecamatan se-Bolmong, ”ujar tokoh adat Bolmong Chairun Mokoginta.

Budayawan Bolmong Chairun Mokoginta mengatakan, penganugerahan kepada Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, ini sudah melalui remuk tokoh adat mulai dari desa dan tingkat kecamatan. Dan pada hari ini Dianugerahi gelar adat Bogani Limi, diawali dengan bakid tingkat kabupaten. “Ini dijaring dari aspirasi masyarakat, ini murni dibahas dari perwakilan tokoh adat se-bolmong. Dan berita acaranya ada,” terang Chairun, mantan Anggota DPRD Bolmong.

Baca Juga:  HUT ke - 25 Pesparawi KP KB, Kehadiran Wali Kota Kotamobagu Disambut Baik Wabup Talaud

Nantinya kata Mokoginta penyandang gelar adat ini punya hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan. “Yang bersangkutan bisa mendapatkan perlindungan adat dan kewajibannya harus melestarikan budaya yang berada di Bolmong, ”jelasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Wakil Ketua DPRD Sulhan Manggabarani, Kapolres Bolmong AKBP Slamet Ramelan, Kapolres Kota Kotamobagu, AKBP Dasveri Abdi SIK, Dandim Bolmong, Letkol Topan Angker SSos, Direktur PDAM Kamran Muktar, Camat se Bolmong, Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit SM MBA, Pimpinan OPD Pemkab Bolmong, dan perwakilan tokoh adat tingkat kecamatan dan desa se-Bolmong.

Baca Juga:  Atas Permintaan Masyarakat, Ibu Ida Siap Bertarung Dipilsang Desa Modayag 3 Priode 2024-2030

Sementara itu, usai menerima gelar adat Bupati Limi berterima kasih kepada pemangku adat di desa, kecamatan maupun tokoh-tokoh adat. Katanya, setelah dianugerahi gelar adat ini, pastinya ia akan menjadi pengayom dan pelindung masyarakat. “Tentunya saya akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tutup Bupati.

(Hery)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *