KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada Serentak Tahun 2024 Bagi PPK dan PPS

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penggunaan e-Coklit untuk Pilkada serentak tahun 2024, di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, Sabtu, 15 Juni 2024.

Kegiatan ini telah dilaksanakan se Indonesia yang dilakukan oleh komisi pemilihan umum untuk mempersiapkan dan memastikan data pemilih yang akurat dan terkini.

Adapun simulasi e-Coklit akan dilakukan selama satu bulan mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024, di mana petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih di tingkat RT/RW.

KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada Serentak Tahun 2024
KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada Serentak Tahun 2024

Teknisnya, melibatkan petugas pemutakhiran data pemilih yang akan mendatangi rumah-rumah warga untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Serahkan Dana Hibah Rp22,5 Miliar ke KPU
KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada
KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada

Dalam pantauan awak media ini, kegiatan diikuti puluhan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kotamobagu dimana pada proses pelatihan dipandu oleh Komisioner KPU Kotamobagu, Heryana Amir selaku Kepala Devisi (Kadiv) Data dan Informasi serta Kadiv Parmas dan SDM, Hairun Laode.

Terpisah, ditemui sejumlah awak media, Kadiv Data dan Informasi, Heryana Amir mengatakan bahwa tujuam bimtek tersebut untuk melihat Kognitif (kemampuan berfikir), Afektif (watak dan perilaku) serta Psikomotorik (keterampilan motorik) dari PPK dan PPS.

“Jadi saya undang PPK dan PPS untuk memberikan materi secara komprehensif terkait dengan Coklit nanti akan dilakukan petugas Pantarlih pada 24 Juni sampai 24 Juli nanti,” ujar Heryana.

Baca Juga:  Dugaan Fitnah Penganiayaan, Ketua DPRD Bolmong Akan Lapor Balik Kepala BKD
KPU Kotamobagu Bekali Pelatihan Pantarlih dan Penggunaan e-Coklit untuk Pilkada Serentak Tahun 2024
Heryana Amir, Kadiv Data dan Informasi KPU Kotamobagu.

Heryana mengatakan, KPU akan memberikan materi-materi yang cukup signifikan supaya petugas Pantarlih sudah mengetahui apa yang harus dilakukan, seperti apa dan bagaimana evaluasi serta monitoringnya.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan hari ini dibagi dua zona, yaitu PPK dan PPS dari Kecamatan Kotamobagu Barat dan Utara, sedangkan besok zona Kotamobagu Selatan dan Timur.

“Muda-mudahan beimtek ini, mereka bisa mengaplikasikan dengan baik. Kita akan lihat pada saat evaluasi bimtek Pantarlih dan nanti out putnya akan dilihat pada teman-teman Pantarlih apakah bisa menjalankan amanah yang diberikan nantinya pada saat Coklit,” pungkasnya.

 

Penulis : Febri Limbanon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *