Pemkab Boltim Terima Penghargaan SAKIP Predikat B dari Kemenpan-RB

Lintasindonesia.id, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kembali menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat B, dan predikat C dalam penghargaan Reformasi Birokrasi (RB) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Tahun 2021, di Jakarta, Selasa 5 April 2022.

Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini, didampingi Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Kementerian PAN RB, Erwan Agus Purwanto.

Sekretaris daerah (Sekda) Boltim Sonny Warokka mengatakan, raihan predikat B untuk SAKIP sudah ketiga kalinya. “Kita ikuti penerimaan penghargaan ini tadi via zoom, Alhamdulillah predikat SAKIP kita B seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dan penghargaan RB ini untuk pertama kalinya dan kita langsung mendapatkan predikat C. Mudah-mudahan untuk SAKIP tahun ini bisa kita tingkatkan,” ujar Sonny.

Baca Juga:  DPRD Boltim Sebut PT ASA Berjalan Sesuai Undang-undang

Dijelaskannya, evaluasi SAKIP digunakan untuk mengetahui apakah pemerintah daerah (pemda) mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran. “SAKIP untuk mengukur efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran, sedangkan evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi sehingga tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN), kapabel, dan mampu serta mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat,” ucapnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *