Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan Nasional APBD Award 2023

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu raih penghargaan atas keberhasilan capaian realisasi belanja tertinggi pada pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022.

Prestasi yang ditorehkan Pemerintah Kotamobagu ini, adalah yang kedua kalinya, yakni APBD Award 2023 Kategori Realisasi Belanja Tertinggi TA 2022.

Upaya Pemkot Kotamobagu tersebut membuahkan hasil masuk peringkat II nasional untuk kategori kota.

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo, turut dihadiri Kepala LKPP, Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Direktorat Pencegahan KPK, Direktur IT BRI, serta para Kepala Daerah penerima penghargaan APBD Award Tahun 2023.

Penghargaan diserahkan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Agus Fatoni, dan diterima langsung oleh WaliKota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara pada Kamis 16 Maret 2023, yang bertempat di Mercure Convention Centre Ancol Jakarta Utara.

Baca Juga:  Buka Rapat Tim PORA, Tatong Bara : Orang Asing Perlu Diperhatikan

Dalam kesempatan itu, Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara menyampaikan ucapan syukur atas capaian yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu dalam pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

“Alhamdulillah, penghargaan ini untuk kedua kalinya diterima oleh Pemerintah Kota Kotamobagu setelah tahun lalu kita juga menerima penghargaan yang sama bedanya adalah peringkat sebelumnya adalah peringkat 3, saat ini kita naik ke peringkat 2 nasional,”ujar Walikota.

Tatong mengatakan, penghargaan ini dinilai berdasarkan presentase realisasi belanja APBD. Ini menandakan bahwa penganggaran yang sudah direncanakan dalam APBD mampu dilaksanakan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kota Kotamobagu.

Inilah dampak dari pelaksanaan evaluasi belanja yang terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu secara periodik setiap bulannya.

“Kita rutin melaksanan ini untuk melihat sekaligus melakukan evaluasi terhadap perencanaan anggaran di setiap OPD yang ada. Semoga penghargaan ini menjadi pemicu bagi kita untuk melaksanakan pengeloaan keuangan dengan lebih baik lagi ke depannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Komitmen Layanan Kesehatan, Pemkot Kotamobagu Raih Penghargaan UHC Award 2023

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kota Kotamobagu Pra Sugiarto Yunus menambahkan, penghargaan APBD Award 2023 yang diraih Pemerintah Kota Kotamobagu tidak lepas dari dukungan OPD yang ada dalam pelaksanaan penganggaran.

Lanjut, ini juga berkat dukungan dan komitmen seluruh OPD Pemkot Kotamobagu dalam melaksanakan apa yang sudah direncanakan dan tertata dalam APBD

“Di sini pun kita tidak hanya mengejar capaian realisasi belanja, tapi juga hal terpenting adalah bagaimana agar kita tetap menjaga dan mempertahankan tertib administrasi dalam setiap proses pelaksanaan penganggaran,”ujar Sugiarto Yunus. (*/Siti Nurhadisa Limbanon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *