Boltim Bakal Miliki Museum, Masjid Raya dan Rudis Wabup

Lintasindonesia.id, BOLTIM – Usai membangun Rumah Dinas (Rudis) Bupati atau Rumah Rakyat, yang telah diresmikan pada Jumat 10 Februari 2023, ditahun ini juga Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto akan membangun Rudis Wakil Bupati, Rumah Adat Museum Bolaang Mongondow dan Mesjid Raya Kabupaten Boltim.

Niat pembangunan infrastruktur yang merata dan tepat sasaran di kabupaten Boltim terus di upayakan oleh Sam Sachrul Mamonto, mulai dari pembuatan jalan perkebunan/pertanian, jalan akses lokasi objek wisata, jalan desa, Tugu perbatasan Kotamobagu dan Boltim, Rumah Dinas Bupati Boltim, dan tahun ini akan ada pembangunan Rumah Adat atau Museum Bolaang Mongondow, Rudis Wakil Bupati (Wabub), dan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Raya Kabupaten Boltim.

Baca Juga:  Wali Kota Tatong Bara Beri Ucapan Selamat HUT ke - 60 Gubernur Sulut

“Alhamdulillah, setelah kita meresmikan rudis ini, yang juga sebagai simbol adat budaya Bolmong. kita akan bangun Rudis Wakil Bupati yang tetap berdampingan dengan rumah rakyat ini. Selanjutnya tahun ini juga kita akan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid Raya Kabupaten Boltim,” ujar Sachrul.

Lanjut mantan Ketua DPRD Boltim ini, dalam perencanaan jangka panjangnya, akan ada pembangunan Museum atau Rumah adat Bolaang Mongondow di Boltim.

Boltim Bakal Miliki Museum, Masjid Raya dan Rudis Wabup
Bupati Boltim saat memberikan sambutan pada acara pemberian gelar adat dari empat swapraja BMR kepada dirinya dan peresmian Rudis baru atau rumah rakyat, Jumat (10/02/2023), Foto : Dinas Kominfo Boltim.

“Kita akan bangun Rumah adat Bolaang Mongondow Museum untuk meletakkan barang-barang berharga, peninggalan jaman dulu, atau barang yang sudah sulit ditemui di zaman sekarang, seperti barang gambus alat musik, dan barang barang bersejarah Bolaang Mongondow. Tujuannya agar tempat ini akan memperkenalkan budaya warisan sejarah kepada anak dan generasi-generasi kita selanjutnya, yang saat ini mulai banyak secara perlahan bergeser ke dunia gadget, Hp, dunia game media internet sosial lainnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Disparbud Gelar FGD Terkait Seni Budaya di Kotamobagu

Insyaallah doa niat baik kita semua akan dijabah oleh Allah Subhana Wataala. Dan kita semua diberikan kesehatan kekuatan untuk mewujudkan Boltim Bersinar, amin ya rabbal alamin ,” ucap Sachrul. (*/Siti Nurhadisa Limbanon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *