Dampingi Gubernur Sulut, Bupati Limi Canangkan Program Penanaman Jagung Dan Holtikultura Di Bolmong

BOLMONG, Lintasindonesia.id – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey didampingi Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM meluncurkan program penanaman jagung dan holtikultura di Kabupaten Bolmong. Acara pencanangan ini berlangsung di Desa Tungoi, Kecamatan Lolayan, pada Senin (19/6/2023). Program yang diberi nama “Marijo Ba Kobong (Igai Mononggoba)” bertujuan untuk memperkuat sektor pertanian dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Gubernur Olly dalam penyampaiannya mengatakan, program ‘Marijo Ba Kobong’ merupakan program unggulan Pemprov Sulut. Program tersebut menurut Gubernur Olly Dondokambey sangat berhasil, sebab mampu menekan inflasi dari harga komoditas pangan, serta bertujuan untuk menurunkan jumlah kemiskinan dengan membuka lahan kosong guna menanam pangan sehingga memiliki nilai jual. “Warga harus memanfaatkan lahan atau kebun untuk menanam tanaman yang bermanfaat. Dan ini akan sangat bermanfaat untuk ketahanan pangan maupun perekonomian di masa ini,” kata Olly Dondokambey.

Baca Juga:  Gandeng LKPP RI , BKPSDM Boltim Gelar Diklat Pengadaan Barang dan Jasa

Pemprov Sulut juga terus mengagungkan program Marijo Ba Kobong yang tak lain guna menindaklanjuti program pemerintah pusat ‘Mari Menanam’ oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjaga kedaulatan pangan. “Diharapkan agar semua pihak untuk terus mendorong perkembangan sektor pertanian tanaman jagung dan holtikultura di Sulawesi Utara, terutama di Bolmong. Jagung dan tanaman holtikultura menurut Gubernur sangat potensial di Sulawesi Utara dan bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Olly.

Sementara, Penjabat Bupati Bolmong mengungkapkan, gerakan ‘Igai Mononggoba’ ini merupakan bentuk ajakan pemerintah kepada masyarakat guna menjalankan instruksi presiden dalam rangka menjaga ketahanan pangan. Menurut Limi, sektor pertanian menjadi strategi dan prioritas utama bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Bolmong kedepan. “Pertanian kedepan diyakini dapat memberikan manfaat yang tidak cukup hanya peningkatan produksi tapi juga meningkatkan pendapatan masyarakat,” ucap Limi.

Baca Juga:  Gelar Seminar Budaya Daerah, Sekot : Kearifan Lokal adalah Budaya Yang Tak Terpisahkan dengan Masyarakat

Limi pun mengajak masyarakat Bolmong untuk terus meningkatkan dan perkuat ketahanan pangan dimulai dari pemanfaatan lahan tidur. “Kehadiran pemerintah, dalam hal ini Gubernur Sulut, tak lain untuk memberikan semangat baru dan harapan baru dan ingin bekerjasama supaya pembangunan ekonomi di Bolmong bisa berjalan dengan baik,” tutupnya.

Perlu diketahui, pencanangan itu pun ditandai dengan penanaman bibit jagung oleh Gubernur Olly, Penjabat Bupati Limi Mokodompit, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM dan Sekda Tahlis Gallang.(adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *