Gedung Perpustakaan Kotamobagu Akan Sediakan Kepustakaan Digital dan Pusat Kegiatan Masyarakat Sebagai Taman Literasi

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kotamobagu (Pemkot) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotamobagu akan membangun perpustakaan digital di tahun 2023.

Hal ini diungkapkan, kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kotamobagu Ham Rumoroi. Ia menjelaskan, “kami menganggarkan pembangunan perpustakaan digital pada tahun depan, ini dalam rangka peningkatan literasi di Kota kotamobagu, jadi perpustakaan ini bukan hanya tempat membaca serta meminjam buku namun kami juga sudah siapkan 20 PC yang apabila tidak ada literatur yang ada di perpustakaan maka tinggal buka di perpustakaan digital yang sudah kami disiapkan,”ujarnya.

Rumoroi mengatakan, bahwa gedung perpustakaan yang dibangun saat ini bukan hanya berfungsi untuk kegiatan perpustakaan saja. Akan tetapi itu juga sebagai pusat kegiatan masyarakat.

Baca Juga:  Menciderai Gelar Adat Yang Diberikan, Tokoh Adat Lolayan Desak Amabom Copot Gelar Kepada Hadi

“Antaralain, kegiatan seni dan budaya, kegiatan untuk Ibu-ibu PKK, kegiatan untuk osis, kegiatan pameran serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk bertujuan dalam peningkatan Literasi yang ada di Kotamobagu,”terangnya.

Sementara itu, Kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Utara,Asripan Nani, menambahkan, tranformasi perpustakaan ke depan itu lebih pada digitalisasi perpustakaan.

“Di Kotamobagu ini ada bangunan besar yang akan menjadi Icon Bolaang Mongondow Raya (BMR), selain penyediaan buku, tapi digitalisasi perpustakaan harus dengan mempersiapkan SDM nya Supaya berjalan sesuai dengan harapan,”ungkapnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *