Launching Penyerahan Sertifikat Seruni dan Asi Eksklusif di Puskesmas Upai, Berikut Penjelasan Kadis Dinkes Kotamobagu

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu pada 4 April 2023, lauching Penyerahan Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (SERUNI) dan ASI Ekslusif (SI ASIK) di Puskesmas Upai Kotamobagu Sulut.

Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu Ibu dr. Hj. Wahdania L. Mantang, M.Kes Dania sekaligus penyerahan langsung Sertifikat.

Hal ini di sampaikan, Kepala Dinkes dr. Hj. Wahdania L. Mantang, M.Kes. Ia menjelaskan,
kegiatan tersebut merupakan kegiatan Inovasi Program Imunisasi dan Program Gizi Puskesmas Upai.

“Kegiatan kali ini, dilaksanakan di Posyandu Seroja Kelurahan Biga dan selanjutnya akan dilaksanakan di Posyandu lainnya di wilayah Puskesmas Upai sesuai jadwal Posyandu,” ujarnya, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga:  Mendapat Nilai Positif Dari Kemendagri, Pemkab Bolmong Kembali Raih Penghargaan Capaian Kinerja LPPD

Sementara itu, Kepala Puskesmas Upai Ibu Ria Mokoagow, SKM menambahkan,
kegiatan perdana penyerahan Sertifikat Imunisasi Dasar Lengkap (SERUNI) ini diberikan kepada enam Balita yang telah lengkap Imunisasinya. Selanjutnya untuk Sertifikat ASI Ekslusif (SI ASIK) diberikan kepada satu Ibu.

“Inovasi ini, terinspirasi dari masalah Capaian D/S atau kunjungan posyandu yg rendah, hanya berkisar 25 – 40 % setiap bulannya di setiap posyandu dan juga capaian imunisasi masih belum mencapai target, hanya kisaran 60% dan belum semua desa/kelurahan capai UCI (Universal Child Immunization).

Sama halnya juga dengan capaian ASI Ekslusif tidak capai target, hanya kisaran 10 – 15 %. Sehingga dicari solusi upaya yang dapat meningkatkan kunjungan di Posyandu sehingga capaian bisa bertambah,” terangnya.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Kotamobagu Canangkan Kawasan Car Free Day 

Lanjut, ada beberapa langkah yg diambil yakni, 1. Pelaksanaan Pelayanan Imunisasi di puskesmas setiap minggu di bulan berjalan diluar jadwal posyandu. 2. Pemberian sertifikat IDL dan Asi ekslusif yg konsepnya akan diberikan setiap bln di saat posyandu dgn hasil evaluasi atau penilaian bln sebelumnya.

“Ayo Masyarakat Kota Kotamobagu.. Khususnya yang mempunyai bayi/balita.. Kunjungi Posyandu terdekat,” pungkasnya. (*/Siti Nurhadisa Limbanon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *