Maret Tahun Ini Pemkab Boltim Ketambahan Dua OPD

Lintasindonesia.id, BOLTIM – Dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), bakal ketambahan dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Adapun dua OPD tersebut masing-masing Badan Riset Inovasi Daerah (Brida) serta Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim).

Menurut Sekda Boltim, Sonny Warokka, diperkirakan dua OPD baru tersebut mulai jalan pada Maret 2023 mendatang.

Maret Tahun Ini Pemkab Boltim Ketambahan Dua OPD
Sekretaris Daerah Boltim, Sonny Warokka.

“Kedua instansi baru tersebut saat ini sedang dibahas DPRD untuk di Perda-kan. Setelah disahkan menjadi Perda pejabat dan staf yang ditugaskan segera dilantik, sementara untuk ASN yang akan bertugas di dua OPD ini tinggal digeser sesuai dengan kompetensi dan kinerja, ” ujar Sonny, Sabtu 6 Januari 2023.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Nayodo Pimpin Kegiatan Forum Komunikasi BPJS dan Pemkot Kotamobagu

Terkait penambahan dua OPD baru tersebut, Sonny pun mengaku tidak berdampak pada penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2023 dari pemerintah pusat.

Sebaliknya lanjut Sonny, oleh pemerintah daerah sendiri bersama DPRD harus melakukan pergeseran dan rasionalisasi anggaran untuk belanja operasional kedua OPD baru tersebut.

”Belanja pegawai tidak ada masalah, karena ASN yang ditempatkan tinggal digeser. Hanya belanja operasional saja, kebutuhan anggaranya harus dihitung ulang kemudian dilakukan pergeseran,” terangnya.

Sebelumnya, rencana ketambahan dua OPD pada struktur Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim telah disampaikan Bupati Sam Sachrul Mamonto pada apel kerja perdana yang digelar di Lapangan Bogani Kotabunan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Pemkot Kotamobagu Kunjungi Pondok Kafilah Peserta MTQ ke-30 Tingkat Sulut

Dengan bertambahnya dua OPD di struktur Pemkab Boltim, maka secara otomatis bertambah juga pejabat eselon II yang akang menduduki jabatan kepala dinas, eselon III untuk jabatan sekretaris dan bidang serta jabatan dibawahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *