Pj. Bupati Bolmong dr. Jusnan Mokoginta Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

BOLMONG, Lintasindonesia.id – Pj. Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) dr. Jusnan C. Mokoginta MARS, menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Memperingati Hari  Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2024) pagi yang dilaksanakan di depan halaman Kantor Bupati, Desa Lalow Kecamatan Lolak.

Acara yang berlangsung khidmat ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Ketua DPRD Welty Komaling, para Asisten, pimpinan OPD, unsur Forkopimda, para camat, sangadi/lurah, jajaran ASN serta pelajar tingkat SD,SMP dan SMA sederajat.

peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam upaya menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera. Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Baca Juga:  Bupati Limi Mokodompit Pimpin Upacara Hari Pahlawan ke-78 dan Tabur Bunga di Laut

Pj. Bupati Jusnan C Mokoginta membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi, bahwa, berdasarkan tema tersebut Pancasila sebagai penyatu segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

“Dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika,” terang Jusnan.

Pj Bupati Jusnan melanjutkan, Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dan turut dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Baca Juga:  Pengukuhan 36 Paskibraka, Limi : Serius Dalam Berlatih Agar Mendapatkan Kesuksesan Dalam Tugas Negara

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

“Semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang begitu cepat Pancasila diyakini sebagai benteng filter agar Bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan,” tutup Pj. Bupati Bolmong Jusnan C. Mokoginta MARS dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. (Hery)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *