Walikota Kotamobagu Launching UMKM Center dan PusdalBaper

Lintasindonesia.id, KOTAMOBAGU – Program pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Center, Rabu (1/9/2021) dilaunching oleh Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, di aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu.

Walikota Tatong Bara dalam kegiatan itu menyampaikan, bahwa seluruh pejabat eselon dua yang belum mengikuti program ini wajib mengikutinya.

“Tujuan UMKM ini untuk mengontrol dan menghimpun secara baik, mengefaluasi mana UMKM yang maju dan tidak maju dan kemudian kita genjot bersama,” ujar Tatong.

Disituasi pandemi seperti ini lanjut Tatong, tugas yang dijalankan ini amat sangat tepat. Diperiode sebelumnya sebanyak 3.700 UMKM diberikan izin gratis oleh Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.

“Sebanyak itu kita kontrol, dan Alhamdulillah berkat inovasi yang diciptakan oleh asisten II ibu Sitti Rafiqa Bora ini, Insha Allah mendapatkan informasi yang baik, terutama Perbankkan untuk bisa memberikan akses-akses pendanaan yang baik kepada UMKM yang ada di Kotamobagu,” ujarnya.

Baca Juga:  Empat Eks Swapraja BMR Rembuk Beri Gelar Adat ke Bupati Boltim

Dengan begitu, masih kata Tatong, untuk perhimpunan ini, tidak ada lagi UMKM di Kotamobagu yang tidak maju, terutama tidak mendapatkan kepercayaan dari Perbankkan.

Selanjutnya, Tatong menyebutkan, untuk Kepala BPKD Sugiarto Yunus, di dalam catatan pemeriksaan BPK masih memberikan kontribusi catatan-catatan tentang pengendalian barang persediaan. Dalam kesempatan kegiatan ini, pak Sugiarto mengambil judul “PusdalBaper”.

“Ini juga saya apresiasi karena sudah lama keinginan ini menjadi suatu kenyataan, dan Alhamdulillah pak Sugiarto Yunus bisa membawa program ini ke tengah pemerintah, dan diharapkan Insha Allah catatan pengendalian barang persediaan akan menjadi minim. Kemudian, kita akan terpusat satu pengendalian dengan rapi, baik, transparan dan terukur,” ujarnya.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Asripan Nani Full Kunker di Empat Kecamatan, Kunjungan Penutup di Kotamobagu Timur

Tatong juga berharap, tentunnya UMKM Center ini, mengorganisir untuk dapat mengukur tingkat pertumbuhan atau tingkat kemajuan UMKM yang ada di Kotamobagu. Terlebih, bisa terakses pada pendanaan yang baik, ucapnya.

Diketahui, kegiatan launching UMKM Center tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, SH., Ketua DPRD Kotamobagu, Meiddy Makalalag, Sekda Kotamobagu, Ir. Sande Dodo, MT., Asisten II Setda Kotamobagu, Hj. Sitti Rafiqa Bora, Asisten III Sofyan Mokoginta, dan para Kepala OPD Kota Kotamobagu.

 

Penulis : Sem

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *