Pepaya California Difsan Hasilkan Ratusan Ribu Per Minggu

LintasIndonesia.Id, KOTAMOBAGU – Salah satu buah-buahan yang digemari di Indonesia adalah pepaya, termasuk pepaya jenis california. Diantara hal itu juga terlihat pada petani di perkebunan Kelurahan Biga, Kecamatan Kotamobagu Utara saat panen buah pepaya california.

Seorang petani Difsan Pranata Hatam, pemilik usaha tersebut mengaku setiap pekan dua kali memanen pepaya california dan menjualnya di pasar buah-buahan terdekat.

Ia mengatakan harga pepaya california ditingkat petani sangat bagus, “saya menjualnya di sekitar pasar yang tersebar di wilayah Kotamobagu. Pengepul mengambil dengan harga Rp 3.000 hingga Rp 4.000 per kilogram, dan rata-rata timbangan memuat dua kilo gram per satu buah,” kata Aan (sapaan akrab), kepada awak media ini saat ditemui diperkebunan Kelurahan Biga, belum lama ini.

Baca Juga:  Diminta APH Polres Kotamobagu Menindak Tegas Galian C Ilegal Di Bantaran Sungai Desa Poyowa Besar Satu

Dalam sekali panen kata Aan, mendapat keuntungan Rp 400.000 hingga Rp 500.000. Panen dilakukan setiap tujuh hari bisa sampai dua kali panen.

“Jadi per minggu itu bisa dua kali panen. Setiap panen, tidak kurang dari 70 sampai 80 buah yang dihasilkan, bahkan lebih dari itu. Nah, jumlah pasokan buah ini yang di suplay ke beberapa tempat buah-buahan, setiap tempat pemborong mengambil 10 hingga 15 buah saja untuk kemudian dijual lagi oleh mereka,” katanya.

Ia menambahkan, lahan yang dijadikannya usaha tersebut memuat 300 pohon pepaya jenis california. Ada pun produksi yang dihasilkan buah tersebut, panen sudah dilakukannya selama lima bulan ini, imbuhnya.

Baca Juga:  Dulunya Rusak, Kini Masyarakat Desa Tangaton Nikmati Jalan Aspal oleh Bupati Sachrul Mamonto

 

Febri Limbanon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *